apa itu kredibilitas

Apa Itu Kredibilitas? Ini 7 Cara Membangunnya bagi Pekerja

Anda mungkin sudah tidak asing dengan apa itu kredibilitas. Istilah tersebut berhubungan erat dengan kepercayaan dan tanggung jawab pada sebuah individu atau organisasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah kredibilitas diartikan sebagai perihal yang dapat dipercaya. Hal ini juga sangat penting untuk dimiliki seorang karyawan di sebuah perusahaan. Lalu bagaimana cara membangun kredibilitas di tempat kerja? Simak jawabannya melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Kredibilitas?

Sebelum membahas cara membangun kredibilitas di tempat kerja, sebaiknya simak dulu pengertian dari apa itu kredibilitas. Menurut pendapat Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc, kredibilitas adalah persepsi yang dipunyai oleh seseorang mengenai kelebihannya, sehingga dapat diterima oleh banyak masyarakat.

Membangun kredibilitas di lingkungan kerja sangat penting karena berpengaruh pada potensi jenjang karier karyawan di masa depan. Hal ini akan menjadikan Anda sebagai aset berharga bagi perusahaan

Selain itu, perusahaan juga dapat mengetahui nilai dan kapabilitas seorang karyawan berdasarkan kredibilitas yang dimiliki. Saking pentingnya, kredibilitas seorang karyawan menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan untuk memberi kenaikan gaji atau promosi karier yang lebih tinggi.

Ada banyak cara untuk membangun kredibilitas di tempat kerja, salah satunya adalah menonjolkan kemampuan berbicara. Bahkan, cara Anda dalam berbicara membawa dampak yang positif pada kredibilitas pribadi. 

Hal ini selaras dengan pendapat Aristoteles yang berpendapat bahwa kredibilitas adalah seorang komunikator yang mempunyai kekuatan pada karakter pribadinya, sehingga dirinya pun bisa mengendalikan emosi para pendengarnya.

Baca juga: Ini Syarat Menjadi Karyawan Tetap dan 5 Keuntungannya!

Cara Membangun Kredibilitas di Tempat Kerja

apa itu kredibilitas

Setelah memahami apa itu kredibilitas, selanjutnya Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara membangun kredibilitas di tempat kerja. Sebagai karyawan, Anda tentu ingin menjadi pegawai yang dipercaya dan layak diperhitungkan oleh perusahaan. Untuk mewujudkannya, maka Anda harus bisa menunjukkan kredibilitas dalam diri. Berikut telah terangkum beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda dipercaya perusahaan.

1.Melakukan Pekerjaan dengan Sungguh-Sungguh

Setiap karyawan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing di perusahaan. Cara meningkatkan kredibilitas, salah satunya dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki untuk mengerjakan tugas dan kewajiban itu dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, ketahui kelemahan yang ada dan cobalah untuk memperbaikinya. Berusahalah untuk mendalami dan menambah pengetahuan sesuai bidang kerja yang dijalani dan selalu disiplin dalam mengerjakan kewajiban di perusahaan.

2.Terus Belajar

Cara selanjutnya adalah jangan pernah berhenti untuk belajar. Sama halnya dengan kehidupan, akan selalu ada hal baru yang harus dikuasai setiap pekerja untuk menunjang kinerja mereka. Dalam hal ini, jadilah orang yang haus akan pengetahuan baru dan berusaha memperluas wawasan Anda.

Baca juga: Performance Appraisal: Pengertian, Tujuan, dan 6 Tahapan Pentingnya!

3.Terbuka dengan Saran dan Kritik

Anda mungkin merasa sudah melakukan tugas dengan baik dan benar tapi masih saja keliru di mata atasan. Jika mengalami hal demikian jangan kesal dulu, bisa jadi memang ada hal salah yang perlu Anda perbaiki.

Apabila rekan kerja senior atau atasan memberikan kritik kepada Anda, maka dengarkan dulu apa yang mereka sampaikan. Saran dan kritik yang membangun justru akan membantu Anda menjadi lebih baik di bidang pekerjaan dan meningkatkan kredibilitas di tempat kerja.

4.Menawarkan Diri untuk Mengerjakan Pekerjaan Ekstra

Jika Anda tahu betul kapasitas diri dan yakin bisa mengerjakan lebih banyak tugas di perusahaan, maka sampaikan hal ini kepada atasan. Perusahaan tentunya akan menghargai karyawan yang punya inisiatif tinggi dan mau mempertanggungjawabkan komitmennya. Namun ingat, jangan modal nekat saja, tapi juga pastikan Anda punya kapasitas untuk melakukannya.

Baca juga: 3 Manfaat Talent Management Ini Pastikan Perusahaan Berkembang Pesat

5.Jujur dan Menjunjung Tinggi Integritas

Cara lain yang bisa Anda tonjolkan untuk meningkatkan kredibilitas yaitu dengan menunjukkan karakter diri yang baik. Bersikap jujur menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, terutama terkait hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Apabila melakukan kesalahan, maka akui hal tersebut alih-alih menutupi atau menyalahkan orang lain. Di sisi lain, hormatilah orang-orang yang ada di lingkungan kerja Anda baik dari level bawah hingga atas.

6.Selalu Siap dalam Berbagai Kondisi

Jika Anda bekerja di lingkup kerja yang dinamis dan tidak monoton, tentunya akan selalu ada hal atau materi baru yang harus dipersiapkan. Oleh sebab itu bersiaplah untuk tugas-tugas baru yang menanti, perhatikan proyek dan agenda apa saja yang akan digarap, dan persiapkan semua kebutuhan Anda untuk mengerjakan tugas tersebut. Karyawan yang punya kredibilitas tentunya selalu punya persiapan yang matang saat akan melakukan sesuatu.

7.Memiliki Jiwa Leadership

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kredibilitas adalah kelebihan diri yang mampu diterima orang lain. Hal tersebut erat kaitanya dengan cara Anda berbicara dan juga berkomunikasi di tempat kerja.

Orang yang punya kredibilitas umumnya memiliki jiwa leadership yang tinggi karena hal inilah yang membuat mereka bisa dipercaya. Di sisi lain seorang pemimpin bukan dilihat berdasarkan otoritas mereka di tempat kerja, melainkan dari sifat-sifat atau karakter yang dimiliki.

Baca juga: Definisi Pelatihan Kerja dan 5 Manfaatnya bagi Karyawan dan Perusahaan

Kemajuan teknologi membawa banyak kemudahan di segala aspek termasuk hal-hal yang terkait dengan pengembangan karyawan di sebuah perusahaan. Untuk Menjawab tantangan ini, maka aplikasi BroadwaysHR hadir dengan berbagai fitur-fitur bermanfaat yang  terkait Human Resource Information System dan Human Capital Management.

apa itu kredibilitas

Dalam hal ini, perusahaan bisa memberikan pelatihan atau training kepada karyawan guna meningkatkan kredibilitas mereka di tempat kerja. Untuk mempermudah prosesnya, perusahaan bisa memanfaatkan fitur Organization Development yang ada di aplikasi BroadwaysHR. Yuk coba free trial aplikasi BroadwaysHR dengan klik di sini sekarang juga!!!