HR Business Partner Adalah

HR Business Partner Adalah: Definisi hingga Skill yang Diperlukan

Seorang HR pada dasarnya memiliki peran mengurus tugas administrasi dan beragam pekerjaan rutin lainnya, mulai dari pencatatan kehadiran, penggajian, manajemen cuti karyawan, lembur, hingga proses klaim reimbursement. Semakin berkembangnya zaman, peran HR mulai mengalami transformasi sehingga tidak hanya memegang peran administrator, melainkan mengalami perkembangan signifikan sebagai mitra bisnis strategis atau yang lebih dikenal sebagai Human Resource Business Partner (HR Business Partner). HR Business Partner adalah pengembangan dari Manajemen HR dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih luas.

Tidak hanya sibuk mengurusi administrasi dan internal perusahaan, HR Business Partner juga ikut dalam mengembangkan skema bisnis perusahaan. Semakin bertambahnya popularitas dari peran HR Business Partner dalam manajemen HR yang lebih baik, penting bagi perusahaan untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian, manfaat & tanggung jawab HR Business Partner.

HR Business Partner Adalah

Sumber: iStockPhoto

Definisi HR Business Partner

HR Business Partner (HRBP) adalah seorang tenaga profesional yang menjadi penghubung antar unit kerja dengan fungsi SDM. Pada umumnya seorang HRBP ditempati oleh seorang HR senior yang berpengalaman dalam bidang HR Management. Tenaga ini akan bekerja langsung bersama pemimpin perusahaan dan manajer dari berbagai departemen lain untuk menyusun, mengembangkan dan menjalankan strategi SDM dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif.

Pengembangan talenta adalah prioritas utama dalam agenda dari HRBP. Tantangan ini meningkat ketika bisnis tidak mendapat informasi yang baik tentang tren perekrutan terbaru atau menolak perubahan dalam strategi Human Resource. Oleh karena itu, HRBP harus memainkan peran yang kondusif di mana mereka memperbarui dan memberi tahu para pemimpin bisnis tentang perkembangan SDM utama yang berpotensi berdampak pada karyawannya.

Tugas dan Tanggung Jawab HR Business Partner

Seorang HR Business Partner harus memiliki strategi yang tepat dalam mengelola sumber daya perusahaan agar sejalan dengan tujuan bisnis. Pada umumnya, tanggung jawab seorang HR Business Partner meliputi:

1. Mengendalikan Proses Pengelolaan SDM yang Strategis (Administrative Expert)

SDM merupakan aset yang berharga bagi perusahaan sehingga harus dikelola dengan baik untuk mencapai efektivitas dan efisiensi kerja. Seorang HR Business Partner akan merancang strategi dan melakukan identifikasi hambatan yang mungkin terjadi pada perusahaan dan SDM agar proses HR dapat dilakukan baik, terutama terkait proses rekrutmen karyawan baru.

2. Employee Development & Coaching

Memastikan seluruh SDM berada pada jalur yang sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan merupakan tanggung jawab seorang HR Business Partner. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan program pelatihan pengembangan skill dan kompetensi seluruh karyawan. Selain untuk mendorong produktivitas, juga penting untuk meningkatkan nilai perusahaan.

3. Kolaborasi Bersama Manajemen Eksekutif (Business Partner)

Seorang HR Business Partner akan secara aktif berkolaborasi dan banyak melakukan koordinasi bersama manajemen eksekutif untuk merencanakan dan memenuhi kebutuhan SDM perusahaan. Data yang dikumpulkan oleh HR Business Partner akan menjadi dasar pengambilan keputusan oleh tim manajemen eksekutif perusahaan, seperti jumlah dan kualifikasi karyawan baru yang akan direkrut, keterampilan dalam tim, dan lainnya.

4. Kontribusi dalam Proses Adaptasi Perusahaan (Agent of Change)

Dengan banyaknya perubahan yang terjadi, perusahaan harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kondisi terkini. Disinilah HR Business Partner berperan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan bersama manajemen eksekutif dalam melakukan perubahan terhadap kebijakan perusahaan yang bersifat adaptif.

Setelah mengetahui tanggung jawabnya, kini saatnya mempelajari apa saja yang menjadi tugas bagi seorang HR Business Partner:

  1. Sebagai seorang konsultan bagi pihak manajemen dalam proses pembuatan panduan HR, kebijakan terkait bisnis & SDM perusahaan
  2. Mengadakan pertemuan dengan setiap unit bisnis setiap minggu
  3. Mengambangkan ide, solusi, program dan kebijakan bagi departemen HR
  4. Melakukan analisa dalam menyelesaikan permasalahan yang menyangkut karyawan secara efektif, menyeluruh dan objektif
  5. Mengembangkan persyaratan dalam kontrak yang berlaku untuk karyawan baru, karyawan promosi ataupun karyawan transfer
  6. Mendorong perusahaan dalam mencapai efektivitas dan efisiensi dari sisi pengelolaan SDM
  7. Identifikasi kebutuhan pelatihan dan pembinaan karyawan serta berpartisipasi dalam proses evaluasi, pemantauan hingga memastikan kesuksesan program yang dijalankan
  8. Membantu perusahaan untuk beradaptasi dalam menghadapi berbagai perubahan
  9. Sebagai business partner yang akan membantu perusahaan dalam mencapai target bisnis
  10. Memberikan panduan manajemen kinerja karyawan sehari-hari dengan tujuan meningkatkan produktivitas kerja

Fungsi HR Business Partner untuk Perusahaan

HR Business Partner Adalah

Sumber: iStockPhoto

Menjadi seorang HR Business Partner tidaklah mudah, hal ini karena HR Business Partner memiliki peranan yang sangat penting di perusahaan. Sehingga banyak sekali tugas dan fungsi HR Business Partner, berikut diantaranya:

  1. Berkoordinasi dengan setiap pertemuan mingguan unit bisnis.
  2. Analisis tren dan metrik dalam kemitraan dengan kelompok SDM untuk mengembangkan solusi, program, dan kebijakan serta memberikan panduan dan interpretasinya.
  3. Mengelola dan menyelesaikan masalah hubungan karyawan yang kompleks melalui penyelidikan yang efektif, menyeluruh, dan objektif.
  4. Melindungi pihak terkait, dan/atau memiliki departemen hukum di perusahaan.
  5. Memberikan bimbingan manajemen kinerja sehari-hari kepada manajemen lini (misalnya, pembinaan, konseling, pengembangan karir, tindakan disipliner).
  6. Bekerja sama dengan manajemen dan karyawan untuk meningkatkan hubungan kerja, membangun moral, dan meningkatkan produktivitas dan retensi.
  7. Menentukan kontrak untuk karyawan baru, promosi dan mutasi.
  8. Memberikan bimbingan dan masukan tentang restrukturisasi unit bisnis, perencanaan tenaga kerja dan perencanaan suksesi.
  9. Mengembangkan dan melatih unit bisnis dan kebutuhan pelatihan eksekutif individu.
  10. Berpartisipasi dalam pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut dari program yang dilaksanakan.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi HR Business Partner

Selain kemampuan manajemen yang dibutuhkan untuk urusan kepegawaian selama ini, diperlukan business sense yang untuk melaksanakan negosiasi interpersonal dan dari perspektif manajemen. Berikut adalah beberapa keterampilan yang diperlukan untuk menjadi HR Business Partner:

1. Pengetahuan Mengenai HR sebagai Profesi

Sebagai profesional HR, selain pengetahuan mengenai hukum dan legal, HR Business Partner harus memastikan bahwa kebijakan dan praktik perusahaan memenuhi ketentuan-ketentuan manajemen sumber daya manusia. Ini juga mencakup kebutuhan untuk terus diperbarui dengan praktik dan tren terbaru di bidang SDM. Dengan ini, HR Business Partner akan siap untuk menghadapi tantangan sehari-hari dan juga siap untuk menghadapi permasalahan-permasalahan masa depan yang mungkin akan dihadapi perusahaan.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi memainkan peran penting, tidak hanya dalam bisnis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi seorang praktisi HR mengharuskan HR Business Partner menjadi komunikator dan negosiator yang ahli. Fungsi utama dari seorang profesional HR adalah memfasilitasi komunikasi antara organisasi dan karyawannya. Ini berarti bahwa HR Business Partner harus sangat bergantung pada keterampilan komunikasi tertulis dan lisan untuk menyampaikan pesan di semua tingkatan.

HR Business Partner tentunya akan bekerja sama dengan berbagai unit bisnis, oleh karena itu dibutuhkan communication skill yang mumpuni. Communication skill ini akan membantu HR Business Partner dalam mengembangkan hubungan dengan mereka yang memiliki pengetahuan dan kekuatan pengambilan keputusan.

3. Pemahaman Bisnis dan Selera Pasar

Untuk memastikan kredibilitas, HR Business Partner harus mampu berbicara “dalam bisnis”. Ini dilakukan dengan mengetahui detail bisnis perusahaan. HR Business Partner harus secara proaktif mencari tahu tentang bisnis dalam arti membantu melihat peluang yang tidak dilihat oleh peran HR secara umum. Salah satu misi HR Business Partner adalah mempertimbangkan strategi bisnis dari perspektif yang sama dengan manajemen.

4. Kemampuan Analisis Data

Sebagai HR Business Partner, Anda harus dapat menganalisis data dan melakukan penyelesaian masalah berdasarkan data tersebut. HR Business Partner harus mampu memahami data yang dihasilkan oleh individu dan organisasi yang meningkat pesat dan mengambil keputusan berdasarkan data tersebut.

5. Kemampuan Manajemen

Kemampuan manajemen, seperti manajemen waktu dan disiplin diri sangat dibutuhkan. Untuk menjadi sukses di bidang HR Business Partner, Anda perlu tahu bagaimana mengatur waktu dan tugas Anda secara efektif.

Pada akhirnya, HRBP yang mengibarkan bendera menuju pencapaian tujuan manajemen sambil menjabarkan individualitas dan kemampuan masing-masing karyawan dengan mengaitkan strategi manajemen dan manajemen personalia akan terus memperluas bidang kegiatan sebagai mitra bisnis manajemen.

6. Penyeimbang antara Bisnis dan HR.

Kemampuan dalam berkomunikasi dan mengintegrasikan berbagai pandangan menjadi poin yang utama dalam membangun strategi menghadapi tantangan bisnis. Selain itu, pemahaman akan latar belakang dan fungsi akan mendorong keberadaan HR Business Partner efektif dalam pengembangan perusahaan.

Otomatisasi Manajemen Aktivitas HR Business Partner dengan BroadwaysHR

Agar perusahaan dapat meningkatkan efektivitas kerja HR Business Partner, maka dibutuhkan otomatisasi sistem dalam mengelola tugas dan aktivitas HR perusahaan dengan aplikasi HRIS. Mulai dari perhitungan gaji, pencatatan daftar kehadiran, kelola data karyawan, cuti, PPh-21 & BPJS, proses reimbursement, penilaian kinerja hingga berbagai kegiatan operasional lainnya.

HR Business Partner Adalah

Dengan aplikasi BroadwaysHR, kini seluruh proses administrasi HR dapat dikelola secara singkat dalam satu sistem yang terintegrasi. Tidak ada lagi pekerjaan manual sehingga pekerjaan pun menjadi lebih efektif dan efisien. Fitur lengkap dan saling terintegrasi mendukung kemudahan HR dalam menyelesaikan kegiatan administratifnya. Segera registrasi di sini untuk menikmati berbagai fitur secara GRATIS selama 30 hari.