human resource management

7+ Tujuan Human Resource Management (HRM) untuk Kelola Karyawan

Setiap organisasi termasuk perusahaan yang mengerahkan tenaga kerja memerlukan manajemen sumber daya manusia. Human resource management (HRM) di perusahaan melibatkan beberapa tugas dan fungsi untuk mempermudah urusan karyawan dan administrasi. Istilah HRM sering kali disebut sebagai bagian dari human resource (HR) department. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda dalam perusahaan. Nah, pelajari lebih lanjut tentang human resource management, apa itu pengertian, tujuan, manfaat serta cara menerapkannya di perusahaan.

Apa itu HRM?

Dilansir dari laman Techtarget, Human resource management (HRM) adalah praktik merekrut, mempekerjakan, mendistribusikan, dan mengelola karyawan dalam suatu organisasi. Apabila tugas dan fungsi HRM dilaksanakan dengan baik, maka memungkinkan karyawan untuk dapat berkontribusi secara efektif dan produktif yang mengarahkan perusahaan mencapai tujuan dan sasaran organisasi secara keseluruhan.

Contoh pekerjaan dalam HRM seperti HR assistant, HR coordinator, HRM generalist, HRM manager. Setiap anggota HRM ini memiliki tugas masing-masing. Mulai dari memberikan pengetahuan, mempersiapkan alat yang diperlukan, training, layanan administrasi, pembinaan, nasihat hukum dan manajemen. Tak kalah penting juga melakukan pengawasan talent management yang diperlukan organisasi untuk mewujudkan keberhasilan dalam operasional.

Tujuan Utama Human Resource Management

Sebagai komponen vital dalam bisnis yang baik, tujuan HRM di perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Menghubungkan Tujuan Karyawan dan Perusahaan

Karyawan bekerja dengan memiliki tugas khusus dalam mencapai tujuan organisasi. Nah, dalam hal ini, tujuan utama divisi HRM adalah untuk menghubungkan tujuan karyawan dengan tujuan perusahaan. Hasilnya, akan mendorong karyawan untuk bekerja secara kohesif, memperjuangkan visi yang sama, dan tak kalah penting. menyelaraskan pekerjaan mereka dengan tujuan organisasi.

2. Mengoptimalkan Efisiensi Kerja

HRM

Sumber: Freepik

Dengan perencanaan yang baik, human resource management memastikan bahwa setiap anggota tim berada dalam peran yang sesuai dan terlatih. HRM department bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap karyawan menempati posisinya dengan benar, dimulai dari perekrutan. Ini adalah tujuan penting HRM untuk mengatur tim dalam mengoptimalkan efisiensi kerja.

3. Menentukan Apa yang Dibutuhkan Karyawan

Pekerjaan bersifat transaksional, dimana karyawan bekerja juga untuk mendapatkan sesuatu dari karier mereka. Selain mendapat gaji, karyawan biasanya ingin terpenuhi kebutuhannya dalam pekerjaan yang mereka lakukan. HRM harus memahami apa yang dibutuhkan karyawan agar mereka tetap bahagia dan puas, termasuk halnya tunjangan, training, atau schedule kerja yang fleksibel.

4. Membantu Pembentukan Tim yang Kuat

human resource management

Sumber: Freepik

Teamwork penting untuk meraih kesuksesan dalam organisasi. Tim yang kuat akan lebih produktif dan anggotanya akan lebih puas dengan peran masing-masing. Beberapa tim juga memerlukan dukungan dalam menciptakan hubungan untuk saling berkolaborasi. Peran HRM untuk mewujudkan tim yang kuat ini dengan memberikan training untuk membangun tim, games, dan insentif. 

5. Menyiapkan Tim yang Cakap dalam Organisasi

Banyaknya peran dalam suatu organisasi pasti membutuhkan individu yang mampu dan terampil dan posisi tertentu. Divisi HRM bertanggung jawab untuk mencari dan mempekerjakan staff yang cakap. HRM juga menawarkan mereka paket gaji dan tunjangan yang sesuai agar mereka bertahan di perusahaan dalam jangka panjang. Untuk posisi entry level, HRM harus membuat assessment untuk menemukan individu yang akan dilatih ke level lebih tinggi dengan cepat.

6. Berfokus pada Pelatihan dan Peningkatan Skill Karyawan

Perusahaan harus melatih karyawan dengan benar sesuai peran masing-masing. Tim HRM dapat berfokus pada upaya peningkatan skill karyawan mereka. Caranya bisa dengan mengatur sesi pelatihan internal dengan pihak manajemen atau pakar di bidangnya. Atau bisa mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam pelatihan spesialis di luar kantor. Pelatihan ini menjadi pijakan karyawan untuk lebih terampil, dipersiapkan untuk bekerja lebih luas, dan memuaskan karyawan atas self development mereka.

7. Penyeimbang Stakeholders di Perusahaan

Tujuan dari adanya divisi HRM juga menjaga perusahaan mereka aman dari tuntutan hukum dan kekacauan yang diakibatkan di tempat kerja. Dalam mewujudkan hal ini, HRM harus melakukan penyeimbangan untuk melayani semua stakeholders di organisasi. Mulai dari customer, eksekutif, owner, manajer, karyawan, dan pemegang saham.

Manfaat Departemen HRM

Human resource management adalah departemen yang bertanggung jawab untuk memelihara pegawai perusahaan, hubungan karyawan, dan budaya tempat kerja. Manfaat HRM tentunya membantu memberikan struktur dan ketertiban perusahaan serta mendorong produktivitas dan kesuksesan organisasi. HRM bermitra dengan manajemen untuk mengatasi masalah kepegawaian serta mendukung sumber daya jika diperlukan, sehingga manajer bisa berfokus dengan tugas mereka.

Cara Penerapan Human Resource Management

human resource management

Sumber: Freepik

Staff HRM memiliki tanggung jawab dalam memastikan bahwa organisasi memiliki misi, visi, dan nilai yang dijadikan pedoman seluruh karyawan untuk bekerja dalam perusahaan. Elemen-elemen tersebut menjadi acuan dan inspirasi bagi karyawan seolah-olah mereka adalah bagian dari sesuatu yang besar dari diri mereka sendiri.

Kegiatan ekstra lainnya yang melibatkan HRM juga dapat mencakup beberapa agenda employee and community outreach. Mereka sering menjadi mentor bagi karyawan, mendorong employee engagement, dan acara lainnya yang melibatkan keluarga karyawan. 

Cara penerapan human resource management dimulai dari manajer lini yang bertanggung jawab langsung atas keterlibatan, kontribusi, dan produktivitas para staf mereka. Dalam sistem talent management, divisi HRM juga berperan penting dalam proses rekrutmen, pengembangan berkelanjutan, dan pembinaan karyawan yang unggul. Segala tugas dan fungsi HRM yang diterapkan diharapkan memberi value tambahan untuk merancang strategi karyawan yang berdampak pada kemajuan positif terhadap bisnis.

Baca juga: Hubungan Industrial di Indonesia: Siapa Saja Pihak yang Terlibat?

Dengan padatnya tugas dan tanggung jawab departemen human resource management untuk organisasi, diperlukan software HRM terbaik untuk memudahkan kinerja staff-nya. Manfaatkan aplikasi HRIS terpercaya seperti BroadwaysHR untuk memudahkan tugas setiap HRM untuk mengelola, mengembangkan, dan mendistribusikan pekerjaan kepada karyawan.

human resource management

Aplikasi HRIS BroadwaysHR memiliki sistem berbasis cloud terbaik yang memiliki banyak fitur pengelolaan administrasi karyawan. Fitur Organization Development hingga Time Management bisa membantu Anda mempermudah segala urusan HR.

Konsultasi dan silakan lakukan demo BroadwaysHR secara gratis sekarang juga dengan menghubungi kami di sini.