hr manager seleksi

HR Manager: Peran, Fungsi, dan Tantangan yang Harus Dihadapi

HR Manager adalah sebuah sistem yang dibuat untuk mengelola sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Keberadaan kepala personalia penting bagi perusahaan karena sumber daya manusia menjadi salah satu investasi utama bagi perusahaan. Selain itu, pentingnya HR Manajer adalah untuk menjaga keutuhan dan keefektifan kerja dalam perusahaan.

HR Manager mengontrol seluruh kegiatan karyawan agar tujuan perusahaan bisa tercapai maksimal. Selain itu juga bertugas untuk merekrut karyawan baru yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Dengan adanya HR Manajer dalam sebuah perusahaan, diharapkan karyawan ditempatkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Tujuannya, agar karyawan bisa bekerja dengan efektif dan bertanggung jawab untuk melaksanakan sesuai perannya.

Peran HR Manager

Tentunya HR Manager memiliki peran dan tugas utama, yaitu mengawasi segala aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Adapun beberapa peran kepala personalia lainnya, seperti:

  1. Seleksi, pelatihan, dan pengembangan karyawan perusahaan
  2. Mengontrol penilaian karyawan
  3. Memperlakukan karyawan sebagai individu, tetapi juga mengembangkan tim
  4. Melibatkan karyawan dalam kehidupan organisasi
  5. Mengintegrasikan kebijakan-kebijakan karyawan dalam strategi organisasi keseluruhan.
  6. Designing schemes untuk reward staff bagi individual performance and commitment yang dihubungkan dengan penilaian pekerjaan
  7. Membangun budaya organisasi perusahaan bersama karyawan
  8. Menggunakan nilai-nilai bisnis sebagai pedoman
  9. Membuat penghitungan gaji bagi karyawan
  10. Memastikan jaminan keselamatan kerja karyawan berjalan dengan baik
  11. Membuat hubungan harmonis antara bawahan dan atasan dalam perusahaan

Fungsi HR Manager

HR Manager memiliki dua fungsi penting, yaitu fungsi manajer dan fungsi umum. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Manajerial

Beberapa fungsi manajerial terbagi menjadi:

1. Kepegawaian

HR Manager memiliki fungsi utama dalam bidang kepegawaian. Di mana HR memberikan pelatihan dan pengembangan skill karyawan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu juga mengelola dan menghitung gaji karyawan yang sesuai dengan beban kerja, serta menempatkan karyawan pada posisi yang sesuai dengan skill atau keahliannya.

Dalam bidang kepegawaian, HR Manager juga berfungsi untuk menetapkan standar kinerja, menilai, dan mengevaluasi karyawan terkait tanggung jawab yang dilakukan. HR Manager juga bisa memberikan jasa konseling kepada karyawan yang dirasa memiliki kendala dalam bekerja.

2. Perencanaan

Fungsi HR Manager dalam perencanaan untuk menentukan nasib perusahaan. Jika perencanaan yang dibuat tidak maksimal, maka berpengaruh pada keseluruhan sistem perusahaan. Sehingga HR Manager dituntut untuk membuat perencanaan yang matang agar tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik.

Dalam fungsi perencanaan, HR umumnya menetapkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Merancang jumlah karyawan agar perusahaan bisa berjalan secara ideal juga menjadi fungsi HR. Selain itu juga menetapkan aturan berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan yang harus dipatuhi seluruh karyawan semua unit.

3. Mengontrol

HR Manager mengontrol kegiatan setiap karyawan. Sehingga HR harus memiliki pengetahuan agar dapat mengendalikan hal-hal yang menyangkut sumber daya manusia. Pengetahuan yang dimiliki HR bisa dijadikan landasan untuk mengukur dan melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan.

4. Pengarahan

Seseorang yang menjabat sebagai HR Manager harus bisa mengarahkan karyawan dan memberi kejelasan mengenai apa yang harus dilakukan dan keinginan pihak manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan. Pengarahan ini tentu akan mempermudah karyawan dalam menjalankan pekerjaannya.

Selain memberikan arahan, HR Manager juga memastikan bahwa komunikasi berjalan dua arah dan efektif. Pertukaran informasi internal antar karyawan berjalan baik. Dengan fungsi pengarahan, maka banyak karyawan yang termotivasi untuk memberikan hasil kerja yang baik.

5. Pengorganisasian

HR Manager berfungsi untuk mengatur sumber daya manusia atau karyawan dan perusahaan agar berjalan bersama-sama. Dalam pengorganisasian, HR Manager harus mengatur strategi agar tidak ada konflik antar karyawan maupun departemen.

Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menciptakan sistem koordinasi yang efektif dan efisien, memberikan masing-masing star HR tugas khusus, membentuk departemen, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 7+ Tujuan Human Resource Management (HRM) untuk Kelola Karyawan

hr manager sosok

Sumber : Freepik

2. Fungsi Umum

Beberapa fungsi umum HR Manager, sebagai berikut:

1. Pengembangan

Dalam fungsi pengembangan, HR Manager mendorong seluruh karyawan untuk mendapatkan kesempatan meningkatkan skill atau keahliannya. Sehingga karyawan tersebut dapat dipromosikan ke jenjang karier yang lebih tinggi, sesuai dengan pengetahuan dan keahlian yang sudah dikembangkan.

2. Motivasi

HR Manager berfungsi untuk memberikan motivasi kepada karyawan, agar mereka terus bersemangat dan mencintai pekerjaannya. Karyawan berhak diperlakukan secara manusiawi sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan.

3. Kompensasi

Fungsi HR Manager adalah memberikan penilaian atau evaluasi terhadap kinerja karyawan. Dengan penilaian atau evaluasi tersebut HR Manager bisa membuat perencanaan mengenai sumber daya manusia perusahaan.

4. Perekrutan

Fungsi utama HR Manager salah satunya adalah perekrutan. Sebelum merekrut karyawan baru, HR perlu menganalisis calon karyawan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang diperlukan.

Tantangan HR Manager

Seperti jenis pekerjaan pada umumnya, sebagai HR Manajer tentu memiliki tantangan tersendiri mengikuti perkembangan zaman. Berikut beberapa tantangan HR Manajer yang harus dihadapi, yaitu:

1. Tempat Kerja yang Beragam

Perkembangan zaman yang diikuti dengan perbedaan generasi dan budaya tentu menjadi tantangan tersendiri. Maka HR Manager harus pintar dalam menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang mengikuti zaman. Hal ini untuk menjaga lingkungan kerja tetap kondusif dan produktif secara positif.

2. Beradaptasi dengan Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat harus dibarengi dengan bisnis yang beradaptasi dengan cepat juga. Hal ini untuk mempertahankan bisnis tetap berjalan, jangan sampai tertinggal dengan kompetitor lain.

Hal serupa juga berlaku untuk HR Manager, di mana Anda harus mengembangkan diri dan beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru. Selain itu juga memastikan bahwa karyawan memahami perubahan-perubahan teknologi yang berlangsung.

3. Mempertahankan Karyawan Berkualitas

HR Manager harus bisa mempertahankan karyawan yang berbakat atau memiliki kualitas tinggi. Di tengah-tengah persaingan bisnis, tentu memiliki karyawan berbakat menjadi investasi yang penting.

Berikan kesempatan karyawan untuk terus mengasah skill dan pengalaman, agar mencetak performa kinerja yang baik. Hasilnya, akan berdampak pada tercapainya tujuan perusahaan.

4. Peraturan Baru

Undang-Undang Ketenagakerjaan wajib dipatuhi oleh semua perusahaan. Maka sebagai HR manager harus update terhadap peraturan dan hukum baru yang berlaku terkait dengan ketenagakerjaan. Hal ini karena pelanggaran yang dilakukan perusahaan akan memperburuk citra di tengah-tengah masyarakat.  

Baca juga: 5 Tips Berkarier Sebagai HR Manager dan Skill Wajibnya!

hr manager

HR manager menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek baik dan bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki jiwa leader yang baik. Posisi ini membutuhkan keterampilan mengolah data yang baik dan juga komunikasi yang baik. Penggunaan aplikasi HRIS sangat direkomendasikan karena bisa membantu Anda bekerja dengan efektif dan efisien. Gunakan aplikasi BroadwaysHR dan bergabung dengan puluhan perusahaan level menengah hingga besar yang sudah membuktikan kehebatan aplikasi HRIS satu ini. Kelola HR lebih mudah & efisien, bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Daftar FREE TRIAL sekarang!