accountability

Accountability di Tempat Kerja: Manfaat dan Cara Penerapan

Accountability atau akuntabilitas di tempat kerja mungkin dirasa sulit ditemui, namun ini adalah salah satu karakteristik terpenting dari karyawan dengan kinerja tinggi. Kurangnya akuntabilitas justru dapat mencegah perusahaan dan karyawannya mencapai potensi maksimal yang dimiliki. Misalnya, terdapat karyawan yang beralasan datang terlambat untuk rapat karena macet, bangun kesiangan, atau lupa melihat agenda rapat. Padahal artinya mereka tidak bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri. Nah, accountability adalah kunci agar perusahaan dapat meraih goals dan membuat karyawan terlibat. 

Arti Accountability adalah..

Di tempat kerja, accountability adalah jaminan bahwa setiap individu dievaluasi setiap kinerja atau perilakunya terkait kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya. Pada saat kinerja karyawan di bawah standar, konsekuensi yang dialami mungkin ada ataupun tidak. Namun dengan adanya akuntabilitas, karyawan dianggap bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas dengan berhasil, atau mereka dapat menjelaskan mengapa mereka gagal melakukannya. 

Intinya, accountability di tempat kerja lebih dari sekadar memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh setiap karyawan. Ini juga berarti mendorong setiap individu mau bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan yang mereka curahkan dalam proyek.

Manfaat Akuntabilitas dalam Perusahaan

Penerapan akuntabilitas mungkin saja berbeda di setiap perusahaan. Namun, ada beberapa manfaat umum yang didapatkan jika bisnis yang Anda jalankan dapat melaksanakan praktik akuntabilitas dengan tepat, antara lain:

  • Mendorong Kinerja Terbaik Karyawan

Ketika karyawan mengetahui bahwa pekerjaan mereka terus dipantau dan akan dievaluasi, karyawan akan tergerak bahwa apa yang mereka lakukan itu penting. Terlebih lagi jika karyawan diberi penghargaan atas akuntabilitas yang melekat kuat dengan diberikan kenaikan gaji, promosi jabatan, dan pengakuan.

prinsip akuntabilitas 

  • Melindungi Sumber Daya Perusahaan

Tidak hanya terbatas pada melakukan pekerjaan, akuntabilitas adalah praktik yang mengedepankan nilai kejujuran ​​dan bertanggung jawab atas tindakan di segala situasi. Ketika karyawan bertanggung jawab, ada standar dalam bekerja bahwa sumber daya perusahaan harus dilindungi. Sehingga aset perusahaan tidak akan disia-siakan karena karyawan memahami konsekuensi atas tindakan mereka.

  • Akuntabilitas Membangun Trust bagi Investor Eksternal

Kepercayaan investor sejauh ini hanya didorong berdasarkan prospek kesuksesan finansial. Maka dari itu, kini investor harus yakin bahwa perusahaan dijalankan dengan baik, jujur, kompeten, dan efisien dalam mengelola sumber dayanya. Jika sebuah perusahaan dapat menunjukkan akuntabilitasnya, prospek investasi akan terlihat lebih menguntungkan, dibandingkan dengan kompetitor bisnis.

Tujuan & Fungsi Akuntabilitas bagi Perusahaan

Dengan adanya akuntabilitas di tempat kerja, dapat berarti bahwa semua karyawan bertanggung jawab atas segala tindakan, perilaku, kinerja, dan keputusan mereka sendiri. Akuntabilitas juga bertujuan untuk meningkatkan komitmen dalam bekerja dan memotivasi karyawan agar semakin produktif. Karyawan yang merasa dimintai pertanggungjawaban atas tugas mereka akan termotivasi untuk bekerja lebih baik karena feedback yang diberikan oleh atasan.

Di samping tujuannya, dalam penerapan prinsip akuntabel, beberapa fungsinya bagi perusahaan di antaranya:

accountability perusahaan

1. Sebagai Alat Monitoring

Accountability adalah cara perusahaan untuk memantau atau monitoring tugas serta kewajiban yang dikerjakan oleh seseorang. Selain memang dipertanggungjawabkan, kewajiban yang dilaksanakan juga diukur keberhasilannya untuk dijadikan bahan evaluasi.

2. Mencegah Penyalahgunaan Kekuasaan

Fungsi berikutnya dari akuntabilitas adalah untuk mencegah potensi penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power oleh mereka yang memiliki jabatan tertentu, seperti korupsi. Prinsip akuntabel dalam mempertanggungjawabkan semua tugas harus dipegang teguh untuk menghindari tindakan tersebut.

3. Cara Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kerja

Dengan diberlakukannya prinsip akuntabilitas di tempat kerja, maka mendorong peningkatan kinerja semakin efektif dan efisien. Karena dengan penerapan prinsip akuntabel, tugas tidak hanya sekadar diselesaikan namun juga dievaluasi secara berkala. 

Cara Menerapkan Accountability adalah..

Agar perusahaan sukses mencapai tujuannya, maka di tempat kerja setiap karyawan harus berperilaku dengan mengedepankan akuntabilitas. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara strategis.

Pertama, aspek soft skill akuntabilitas yang diharapkan muncul pada diri setiap karyawan untuk siap bekerja saat di kantor. Akuntabilitas meluas ke setiap departemen dan setiap karyawan, karena dimulai dengan hadir di tempat kerja, bertindak jujur, dan turut terlibat dalam tugas sehari-hari.

Prinsip akuntabel juga dilihat dari rasa tanggung jawab yang mengakar dalam posisi tertentu. Misalnya, seorang akuntan profesional yang menangani keuangan perusahaan memiliki standar akuntabilitas untuk selalu jujur ​​dan bertanggung jawab dengan dana yang bukan miliknya secara pribadi. Kemudian, accountability seorang manajer keuangan adalah wajib mengawasi, memperlakukan, serta membimbing karyawan dengan baik.

Cara Perusahaan Mempertahankan Prinsip Accountability

Beberapa cara perusahaan dalam membangun, mengelola, dan mempertahankan prinsip accountability adalah sebagai berikut:

  • Membuat karyawan berkomitmen untuk menyelesaikan tugas dan memastikan mereka melaksanakan tugas tersebut dengan baik.
  • Membangun kepercayaan di tempat kerja dengan mengandalkan karyawan mampu menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan.
  • Memiliki manajemen atas (top management) yang menetapkan harapan pada tugas yang harus diselesaikan sebelum tenggat waktu.
  • Menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehingga proses pembelajaran terjadi secara alami, bebas pressure, serta tidak mengancam.
  • Memberi kejelasan terkait jenis proyek, penanggung jawab, prosedur kerja, atau aspek pekerjaan lainnya. Jika ada kendala, maka pemimpin proyek itu harus bertanggung jawab.
  • Cara terakhir, dengan memberi penghargaan kepada karyawan karena menunjukkan akuntabilitasnya dan memiliki kemampuan problem solving.

Baca juga: 3 Tips Membangun High Performance Culture, HR Harus Tahu!

accountability adalah

Tentu untuk meringankan kerja departemen HR dalam mengelola budaya perusahaan dengan mengedepankan accountability, gunakan BroadwaysHR, yang memiliki banyak fitur layanan untuk mengelola urusan HR.

RUN iProbe berbasis cloud termutakhir yang menawarkan berbagai fitur HR secara menyeluruh meliputi organization management, sistem penggajian, benefit, potongan karyawan, social security management, time management, employee self service, dan lain-lain yang telah terintegrasi dengan Payroll Management

Percayakan kami untuk membantu memenuhi kebutuhan perusahaan Anda akan sistem yang berkualitas. Hubungi kami di sini dan silahkan manfaatkan Uji COBA Gratis.